Blog Umum tentang Tutorial Photoshop, Tips Unik, Musik, Games, Informasi dan Aplikasi

Cara Mudah Belajar Desain Grafis

Hai guys... hari ini gw dapet post dari seorang teman Blogger di RU BBM. Dia nanya kalo pengen jago desain grafis, belajar apaan dulu. Nah, berhubung gw juga enggak merasa jago desain grafis, tapi bisa sedikit sih masih amatir. gw suka desain grafis, tapi sampe sekarang belum merasa jago. Makanya, daripada gw dengan sok tahunya bilang ini loh hal-hal yang mesti dilakuin biar jago desain grafis, mendingan gw bikin aja program sharing ilmu soal desain grafis ini.



Perlu di ketahui dulu gan, kalo tulisan gw kali ini ditujukan buat mereka-mereka yang betul-betul baru banget pengen mulai belajar desain grafis. gw tau di dunia perkuliahan pun, ada jurusan desain grafis.


Ada pendidikan formalnya yang pastinya bakal membuka pikiran dan membangun skill kalian jauh lebih luas lagi ketimbang lewat tulisan gw yang gw buat sendiri dan kebetulan juga nggak pernah punya latar belakang pendidikan desain grafis. So, apa yang mau gw sampein cuma berdasarkan pengalaman gw sendiri selama belajar desain grafis secara otodidak nih gan liat aja Tutorial Photoshop.

masing2 jurusan desain grafis dari kampus yang berbeda, bakalan menekankan software desain grafis yang berbeda satu sama laen gan. Misalnya di kampus C, mereka mengutamakan penggunaan Adobe Illustrator buat desain, sedangkan kampus E mengutamakan Corel Draw. Pasti begini kok, walau nantinya tetep setiap mahasiswa pasti diajarkan juga cara menggunakan software desain laennya gan.

Tapi, keahlian itu gampang gan, cukup belajar dengan sering dan perbanyak jam terbang dalam melakukan desain grafis, maka lama kelamaan teknik dan hasil desain lu bakal menjadi semakin baik. Sebetulnya yang sulit bukanlah bagaimana belajarnya. Tapi, bagaimana caranya menemukan ide tentang apa yang mau kita desain. nih Gue mau kalian lakuin 5 cara mudah untuk memulai belajar desain grafis ala gw ini. 

  1. Kumpulin dan fokuskan niat lu buat belajar desain grafis
    Nah, ini langkah awal gan. Kalo lu pengen nantinya jadi desainer grafis yang jago, udah pasti harus siap belajar terus-menerus dan mendedikasikan hidupnya untuk desain. Kumpulkan niat lu dan yakinlah kalo dunia desain adalah betul-betul dunia yang pengen kalian jambangin. Setelah ini, kalian harus bertanggung jawab penuh terhadap diri kalian sendiri apakah bakalan tahan berada di dunia ini terus atau nantinya bakalan bosen dan kemudian ditinggalkan begitu aja. Ingat, niat itu penting gann.

  2. Bersabarlah, jangan terburu-buru pengen jadi jago Desain 
    Dalam dunia desain grafis, nggak ada yang namanya jago secara instan gan. Semuanya butuh proses, butuh waktu, dan butuh latihan secara terus-menerus. Jadi, pastikan kalian bersabar dalam membangun skill lu kelak. Coba dah dilatih kesabarannya dan jangan gampang ngiri kalo ngeliat ada temen lu desainnya jago banget. Sesungguhnya mereka yang jago desain, artinya jam terbang mereka dalam melakukan itu udah cukup banyak. Tetep sabar dan terus latihan!

  3. Cari software desain grafis yang menurut lu paling mudah dioperasikan
    Coba perdalam pengetahuan kalian soal software khusus desain. Ada dua perusahaan besar yang mendedikasikan produknya untuk desain. Misalnya Adobe dan Macromedia. Silakan gunakan mana yang menurut lu paling seru untuk digunain. Khusus gw setia dalam menggunakan ADOBE PHOTOSHOP. Tentukanlah software kesukaan kalian dan jangan takut buat nyoba-nyoba semua tools yang ada di dalam software tersebut. Catatan penting, kalo lu baru memulai desain, lu harus fokus menggunakan satu software. Jangan sering mengganti-ganti software karena nanti lu bakalan ngerasa bingung sendiri, akhirnya ngga ada satu pun software yang betul-betul lu kuasain.

  4.  Singkirkan buku-buku tutorial tentang cara menggunakan software design grafis
    Percaya atau nggak, yang namanya buku tutorial semacam ini nggak berguna sama sekali.Lebih efektif kalo kalian nyoba-nyoba sendiri tools yang ada di dalam suatu software daripada kalian baca cara kerjanya di buku. Semakin banyak error kalian temukan, semakin sering kesalahan kalian lakukan, maka bakalan semakin mengertilah kalian. Kenapa seorang programmer tingkat satu bisa bikin program yang keren? Karena mereka pakai cara coba-coba sendiri. Kalo mereka menggunakan buku tutorial, pastilah hasil yang didapatkan bakalan kaku dan nggak nunjukin identitas si pembuat. Semakin spontan kita membuat sesuatu, semakin berkarakter gan

  5. Jangan yang sulit-sulit dulu gan, coba gambar suatu objek sederhana dengan software tersebut
    Biasanya kalo ngeliat desain poster atau pamflet yang ditempel di tembok-tembok pinggir jalan suka langsung ngiri. Kok bisa sih bikin desain kayak gitu? Ya, bisa dong! lu juga bisa, asalkan latihan udah cukup lama. Nah, khusus untuk tahap awal, singkirkan pikiran pengen bikin desain yang kerennya setara sama poster itu. Coba aja dulu bikin gambar-gambar dari objek sederhana. Coba gambar gelas, gambar TV, gambar kamera, setahap demi setahap objeknya bakal semakin sulit, dan tanpa sadar kalian udah ningkatin skill lu.




Perlu diketahui kalo semua contoh di atas gw buat pakai software desain kesayangan Gue. Just it! Photoshop hehehe, Coba aja. Keep on practice yah! Dan ini lah hasil hasil dari desainAdobe Photoshop gw 
SHARE

Seventeen

Heii guys yang ada di Blogger Seventeen, jangan Lupa dilihat semua artikel nya, Semoga aja agan agan dapat info dari blog Seventeen dan jangan lupa beri komentar yang baik

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

10 komentar:

  1. no 2 paling susah gan :3 udh sabar tetep aja gk jago2 desain -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe semangat aja gan, nanti juga jago dah hehe

      Delete
  2. kalo mau jago design mah harus sabar, butuh waktu dan latihan terus ya gan, ssiip keren dah gan ilmunya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah kunci nya dan kalo dah jago jng lupa di share ilmu nya

      Delete
  3. oke deh diikutin cara nya

    ReplyDelete
  4. kalo sy udah terbiasa pake Corel, susah pindah

    ReplyDelete
  5. terimkasih gan informasinya tentnag design grafis, kebetulan ane lagi belajar design grafis terimakasih gan

    ReplyDelete