Blog Umum tentang Tutorial Photoshop, Tips Unik, Musik, Games, Informasi dan Aplikasi

Tips Membuat Foto Siluet

Heyy gan... Siluet kadang terlihat indah walaupun agan engga mengetahui tekstur asli objek tersebut. Siluet saat ini merupakan salah satu genre fotografi yang banyak diminati gan. Pada dasarnya sih, lensa kamera hampir sama kaya mata manusia.


Saat lu melihat ke depan dan melihat cahaya menyilaukan ke arah lu dan tidak ada sinar yang melawanny serta ada sebuah objek di depan agan, di situlah terjadi efek siluet gan. Untuk menghasilkan siluet yang bagus, cahaya dari belakang objek harus terang sehingga objek dapat terlihat gelap.Saat ini, banyak yang membuat efek siluet dengan olah digital. Padahal gan, membuat foto siluet sebenarnya engga sulit kok. 
Berikut ini ada beberapa tips mudah gan untuk membuat efek siluet asli langsung dari kamera.
Pagi atau Sore Hari


Sunrise dan sunset merupakan saat yang paling dinantikan oleh para fotografer gan. Selain dapat memperlihatkan keindahan matahari, keadaan ini juga bagus untuk membuat siluet. Pasalnya, pada saat sunrise maupun sunset, matahari sedikit di atas garis cakrawala. Momen ini dalam fotografi disebut dengan Golden Hour.

Objek Di Depan Cahaya



Ketika objek berada di depan lu gan, cahaya akan membuat objek gelap. Bila sebaliknya, bukan efek siluet yang didapat gan, tapi foto biasa dengan objek yang dapat dilihat.

Jangan Pake Flash

Simpan flash eksternal kamera lu gan karena lu engga memerlukannya. Ini karena flash hanya akan membuat objek terlihat terang dan gagal membuat foto siluet.

Bentuk Objek Harus Jelas



Dengan objek yang gelap, orang perlu mengetahui siluet tersebut dari bentuknya. Jika bentuknya tidak jelas, siluet pun menjadi tidak menarik. Kadang, foto siluet manusia terlihat menarik jika dipadukan dengan gaya melompat atau orang yang melakukan aktivitas dengan jelas gan.

Menggunakan Cahaya Buatan

Selain memanfaatkan efek cahaya matahari, siluet juga bisa dibuat dengan menggunakan flash. Jika flash yang dihadapkan ke objek dilarang, maka jika flash berada di belakang objek dapat membuat foto siluet. agan dapat menggunakan teknik flash off kamera. Cara penggunaannya, tempatkan flash eksternal di belakang objek. Anda memerlukan perangkat trigger untuk memicu flash pada saat shutter ditekan. Biasanya, siluet dengan lampu kilat akan membuat tepi objek menyala gan

Pengaturan Segitiga Fotografi



Siluet lebih bagus jika menggunakan ketajaman frame menyeluruh. agan tidak membutuhkan efek lain yang membuat hasil foto tidak bagus. lu bisa menetapkan pengaturan bukaan pada angka f/8 atau f/10 atau seterusnya.
Jika objek sedang bergerak, gunakan rana dengan kecepatan tinggi. ISO yang tinggi tidak diperlukan karena cahaya dari latar sudah cukup dan objek juga tidak memerlukan penerangan.
baca juga : Tips Efek Foto Bulb
nah itulah beberapa tips untuk membuat foto siluet gan, inget hal yang harus diperhatikan ialah cuaca waktu nya gan 
.
SHARE

Seventeen

Heii guys yang ada di Blogger Seventeen, jangan Lupa dilihat semua artikel nya, Semoga aja agan agan dapat info dari blog Seventeen dan jangan lupa beri komentar yang baik

  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar:

  1. kerenn banget gan :) ane mau coba kebeneran ada beberapa foto yg cocok

    ReplyDelete
  2. Keren nih, apalagi kalau cuacanya cerah. Malah tambah keren :)

    ReplyDelete
  3. efek siluet keren dan menenangkan hati bagi siapa yang melihatnya :)

    ReplyDelete